Tuesday, June 16, 2009

Belajar Sepanjang Usia



Koran Tempo, Rabu 17-6-2009


Program Perolehan Kredit Akademik sebagai bagian dari lifelong education dan pengayaan ilmu pengetahuan.



Belajar bisa dilakukan sepanjang usia. Mengecap ilmu perguruan tinggi pun tak harus terlebih dahulu lulus ujian masuk universitas tersebut. Salah satu buktinya, jika mengikuti Program Perolehan Kredit Akademik dari Universitas Indonesia (UI).

Program academic credit earning ini terbuka bagi masyarakat umum, dari siswa sekolah menengah atas (SMU) dengan program pra-universitas (pre-university), dan sarjana Strata-1 (S1) untuk menyerap ilmu di jenjang magister.

“Program Perolehan Kredit Akademik membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengikuti pendidikan selama hayat atau lifelong education,” kata Direktur Pendidikan UI, Prof. Dr. Multamia Lauder Mse, DEA, dalam surat elektronik diterima Tim Info Tempo, Selasa (16/6).

Multamia yang akrab dipanggil Mia menyebutkan program ini juga berfungsi sebagai pendukung kegiatan diseminasi dan pengayaan ilmu pengetahuan. Pada dasarnya program menawarkan kelebihan kapasitas yang ada. Oleh karena itu, sambung Mia, mata kuliah yang ditawarkan untuk program ini dapat berubah dari satu semester ke semester lainnya, tergantung pada kapasitas mata kuliah yang ditawarkan setiap program studi.

Ia mencontohkan untuk jenjang sarjana tersedia mata kuliah Pengantar Ekonomi, Pengantar Akuntansi, Matematika Dasar, serta Psikologi dan Budaya Indonesia.

Adapula mata kuliah untuk jenjang magister antara lain Tata Kelola Perusahaan, dan Strategi Pemasaran Bersaing. "Harapan ke depan jumlah mata kuliah yang ditawarkan bakal semakin bertambah", ujar Mia.

Secara umum, syarat peserta minimal kelas 11 bagi yang tertarik mengikuti program pra-universitas, untuk mata kuliah S1 atau Vokasi. Sedangkan peserta jenjang magister minimal bergelar sarjana. Selain itu, beberapa mata kuliah memerlukan mata kuliah prasyarat.

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, bisa membuka situs beralamat http://penerimaan.ui.ac.id/credit-earning tentang Program Perolehan Kredit Akademik, termasuk mata kuliah yang ditawarkan, jumlah Satuan Kredit Semester (SKS), biaya dan persyaratan peserta. Program Perolehan Kredit Akademik tersedia di setiap semester, termasuk di semester pendek.

Menurut Mia, program ini menjadi salah satu tuntutan sistem pendidikan nasional seiring globalisasi. Di era ini, pendidikan harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Oleh karenanya, selain Program Perolehan Kredit Akademik, UI juga ditunjuk sebagai sekretariat untuk Asean Credit Transfer System (ACTS). Melalui program ini, 21 universitas anggota Asean University Network akan menawarkan mata kuliah yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari universitas anggota lainnya. Program ini bertujuan meningkatkan mobilitas mahasiswa di negara-negara Asean sehingga dapat meningkatkan hubungan antarmahasiswa di kawasan tersebut. (DEWI RETNO)

No comments:

Post a Comment