Tuesday, December 29, 2009

Profesi Kreatif yang Menjanjikan

(Dimuat di : PCplus No. 348, 8-21 Desember 2009)



Hidupnya industri komputer berdampak pada jenis industri lainnya. Salah satunya adalah industri kreatif seperti desain multimedia, periklanan, illustrator, dan desain interior.


Di arena animasi digital misalnya, film kartun animasi “Finding Nemo” besutan Disney/Pixar berhasil membukukan pendapatan sekitar Rp 290 miliar, sementara “The Incredibles”, yang pembuatannya memakan biaya Rp 874 miliar, sukses meraup laba hingga Rp 1,37 triliun khusus di pasar AS saja setelah ditayangkan selama 10 hari.

Di kancah permainan, industri game di AS sukses mencetak pendapatan sekitar Rp 60 triliun sepanjang tahun 2005. Art director, dan art designer disebut-sebut merupakan tenaga yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan game – peluang bagi Anda yang berminat bekerja sambil bermain.


Kreativitas Bisa Diciptakan
Berminat menjadi seorang profesional di bidang seni dan desain?
Anda tak perlu mengkhawatirkan soal kurang atau tidak adanya bakat sejak lahir atau talenta. Anda bisa mempelajari keahlian yang dibutuhkan di sekolah-sekolah formal di bidang seni dan desain. Intinya, kreativitas bisa diciptakan, tidak semata ada karena memang dikaruniai bakat terpendam.

Kini, sekolah-sekolah desain tak hanya memadukan program yang akan mengasah rasa seni mahasiswa. Mereka juga melatih intuisi bisnis supaya peserta didiknya bisa langsung aplikatif ketika terjun ke dunia kerja sebagai pegawai ataupun menciptakan usaha sendiri.


Desain Grafis & Ilustrasi
Sebagai contoh, sebuah sekolah desain di Malaysia memiliki silabus Desain Komunikasi dengan pilihan program Graphic Design & Illustration dan Multimedia Design.

Jurusan Desain Grafis dan Ilustrasi akan mengajak peserta studi berpikir kreatif dalam memanfaatkan program piranti lunak yang tersedia. Para lulusan berpeluang bekerja di berbagai bidang seperti studio desain, rumah iklan, konsultan merek dan identitas, media, corporate-In-house Design, serta percetakan.

Selain itu, lulusan sekolah tersebut juga bisa saja membuka studio sendiri dengan kemampuannya mendesain sampul buku, iklan, webpage, logo/identitas korporat, sampai menghasilkan merek dagang dan identitas suatu produk. Sedangkan sebagai pekerja profesional, ia dapat merintis karier sebagai direktur kreatif; illustrator, art director, design director, type designer, komikus, desainer ekshibisi hingga account executive.


Desain Multimedia
Sedangkan program Desain Multimedia siap membekali siswanya kemampuan multimedia interaktif atau keahlian untuk menggunakan teknologi komputer grafis atau proses media digital untuk menciptakan gambar, suara, dan media interaktif lainnya.

Dengan keahlian di bidang Animasi 2D dan 3D, serta video digital, mereka bisa menekuni profesi sebagai multimedia designer, web designer, video editor, motion graphic designer, art director, graphic designer, atau pengajar di ilmu terkait.

Sebagai jebolan program Desain Multimedia, Anda berpeluang bekerja di Studio Multimedia, Studio Animasi, perusahaan pembuat games dan piranti lunak, biro iklan, Production House (PH) atau agensi Web. (Dewi Retno)

No comments:

Post a Comment